SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR`AIN LATAWA / 532414027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
INTISARI Kurang adanya perhatian siswa dalam proses pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hasil ini terlihat dari nilai ulangan harian yang masih banyak mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar memiliki presentase ketuntasan hanya 37,5% sedangkan yang belum mencapai KKM adalah 62,5%. Melihat dari permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu penelitian dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih inovatif, yang bukan hanya mengandalkan metode konvensional saja, akan tetapi suatu bentuk pelaksanaan pembelajaran yang lebih melibatkan siswa secara aktif. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Adapun tahap penelitian ini terdiri dari (1) tahap perencanaan, (2) tahap tindakan, (3) tahap observasi, dan (4) tahap refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai tes awal sebesar 68,94, kemudian setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif terjadi peningkatan pada tes akhir siklus I dengan nilai rata-rata 74,52 dan siklus II dengan nilai rata-rata 81,47 dengan persentase ketuntasan klasikal 92%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar. ABSTRACT The absence of students' attentiveness in the learning process gave an impact on their learning outcomes. This was evident from the fact that student scored below 75, the minimum mastery criteria. The completeness percentage of students'learning outcomes in Basic Computer Networking subject was 37.5% at best, whereas 62.5% failed to exceed the standard. Based on the existing problem, research was needed in an attempt to improve the education quality to be more innovative, which not only depend on the conventional method but actively involve the students during the learning process, one of which was a cooperative learning model. The aim of the research was to observe the improvement of students'learning outcome in Basic Computer Networking subject by implying the Team Game Tournament (hencerforth, TGT) cooperative learning model. This classroom action research consisted of two cycles; its steps involved (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. The result of the research showed that the average of early test score was 68.94. After the TGT treatment, the score was improved to 74.52 and 81.42 in cycle I and cycle II, respectively, with 92% classical mastery percentage. In conclusion, the implementation of the TGT cooperative learning model in the Basic Networking subject was effective in improving students' learning outcomes. Keywords: Cooperative Learning Model, Learning Outcome.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011