Penulis / NIM
MAUDY PUTERI HASAN / 532415001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
AGUS LAHINTA, ST., M.Kom. / 0017087402
Pembimbing 2 / NIDN
MUKHLISULFATIH LATIEF, S.Kom., MT / 0010127701
Abstrak
Kurangnya penggunaan media ajar khususnya media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran dapat mempengaruhi penyampaian materi belajar kurang efektif, dampaknya tidak tercapainya tujuan pembelajaran dilaksanakan guru dan mengakibatkan menurunnya nilai mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi, 2) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini research and development model penelitian pengembangan modifikasi teori Borg dan Gall. Hasil uji validitas media pembelajaran interaktif oleh validator media dan validator materi diperoleh hasil sangat valid. Pada uji kepraktisan media oleh validator praktisi (guru) memperoleh hasil sangat praktis, dari siswa kelompok kecil memperoleh hasil praktis dan siswa kelompok besar memperoleh hasil sangat praktis. Hasil keefektifan sebelum dan setelah menggunakan produk berdasarkan instrumen tes pilihan ganda yakni pada pretest didapatkan hasil rata-rata 60.63 dan rata-rata pada posttest 84.06 dan berdasarkan angket respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif memperoleh hasil sangat efektif, sehingganya diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi memenuhi tingkat kelayakan dan proses pembelajaran.
Download berkas