Penulis / NIM
RIA RIZQIANI GUSTI / 532415002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
Berdasarkan observasi di SMKN 1 Limboto ditemukan kendala pada mata pelajaran sistem komputer yaitu belum optimalnya pemanfaatan teknologi informasi yang disediakan sekolah oleh guru terutama dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik, guru masih menggunakan media berupa buku, softfile modul, maupun media presentase sederhana, akibatnya siswa lebih banyak diam dan kurang memahami konsep dari materi yang diajarkan. Alternatif solusi yang ditawarkan peneliti melalui pengembangan multimedia interaktif untuk memvisualisasikan materi menjadi lebih menarik dan siswa dapat mengontrol belajarnya sesuai kecepatan pemahaman masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif menggunakan model APPED untuk mata pelajaran Sistem Komputer di SMKN 1 Limboto. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan prosedur APPED dengan hasil pengujian dari ahli media diperoleh nilai sebesar 95 dengan kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 94 dengan kriteria sangat layak, berdasarkan uji coba oleh guru mendapatkan persentase sebesar 100% dengan kriteria layak dan oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 86,7% dengan kriteria layak. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: multimedia interaktif; model apped; pengembangan; sistem komputer.
Download berkas