Penulis / NIM
HERVINA ABDULLAH / 532415007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
EDI SETIAWAN, M.Kom / 0015057903
Pembimbing 2 / NIDN
MOH. RAMDHAN ARIF KALUKU, S.Kom, M.Kom / 0007048902
Abstrak
Proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Pemrograman Dasar di sekolah SMKN 4 Gorontalo masih menggunakan buku dan media sederhana seperti media power point. Sehingga siswa bosan, kurang aktif dan mengantuk dalam belajar. Dilihat dari perkembangan media, audio visual bisa dikatakan sangat ampuh menyampaikan suatu pesan terhadap orang banyak terutama bagi siswa agar siswa lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar dan juga Media pembelajaran Audio visual sangat membantu peran guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif dengan menggunakan model ADDIE. Hasil pengujian kelayakan media oleh ahli media diperoleh rata-rata skor 90% dengan kategori â�Å"Sangat Layakâ�Â. Hasil kelayakan oleh ahli materi diperoleh rata-rata skor 91% dengan kategori â�Å"Sangat Layakâ�Âdan kelayakan media oleh pengguna diperoleh rata-rata skor 95% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, multimedia pembelajaran audio visual dikatakan â�Å"Sangat Layak�untuk digunakan. Dan hasil penelitian setelah menggunakan media auido visual diperoleh nilai rata-rata 100,35 dengan standar deviasi 2,6373 lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media yang diperoleh nilai rata-rata 94, 371 dengan standar deviasi 4,4682. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Audio Visual; Media Pembelajaran; Motivasi Belajar; Pemrograman Dasar
Download berkas