SKRIPSI

Penulis / NIM
RIA IVANI TAHIR / 532415010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Pembimbing 2 / NIDN
SALAHUDIN OLII, ST,.MT / 0031108103
Abstrak
RIA IVANI TAHIR. Penerapan Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Animasi Puppeteer Dan Animasi Tweening 2D (dibimbing oleh Bapak Manda Rohandi, S.Kom., M.Kom, dan Bapak Salahudin Olii, ST., MT). Minat dan hasil belajar peserta didik Kelas XI Multimedia I di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo pada materi animasi Puppeteer Dan Animasi Tweening 2D rendah, dikarenakan kurangnya keaktifan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Serta pendekatan model pembelajaran yang digunakan sebelumnya lebih berorientasi ke peserta didik, peserta didik diharapkan mampu memecahkan masalah dan secara aktif mengembangkan keinginan dalam belajar dengan mengarahkan belajar diri sendiri. Namun yang terlihat tidak sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan dan mengukur minat dan hasil belajar peserta didik pada materi animasi Puppeteer Dan Animasi Tweening 2D setelah diterapkannya model direct instruction.Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus menggunakan desain model Kurt Lewin (dalam Endang R.W.(2006)) yang terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada siklus I, presentase minat awal 60% dan presentase hasil belajar peserta didik yang memenuhi KKM hanya 23,33%, sehingga tidak mencapai KKM yang diharapkan yakni 75%. Berdasarkan presentase yang di dapatkan pada siklus I maka perlu dilanjutkan ke siklus II. Selanjutnya pada siklus II terdapat peningkatan presentase minat akhir yakni 100% dan presentase hasil belajar peserta didik yang memenuhi KKM yakni 83,33%. Sehingga pada siklus II telah memenuhi presentase minat dan hasil belajar yang di inginkan yakni 75%. Kata Kunci: Model Direct Instruction, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011