Penulis / NIM
NURLIANA R. TATU / 532415012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOH. HIDAYAT KONIYO, ST., M.Kom. / 0016047303
Pembimbing 2 / NIDN
TAJUDDIN ABDILLAH, S.Kom., M.Cs / 0008127805
Abstrak
Pembelajaran merupakan hal mendasar yang dilakukan setiap peserta didik dalam rangka menambah atau memperluas wawasan pengetahuan, dengan kata lain pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik supaya belajar dengan baik. Terwujudnya pembelajaran yang berkualitas tidak terlepas dari peran seorang pendidik untuk berusaha memberikan pembelajaran yang dapat dengan mudah peserta didik pahami, salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam melakukan proses pembelajaran salah satunya dengan menerapakan model pembelajaran Blended Learning. Penerapan model pembelajaran blended learning dalam pembelajaran pada materi gerbang logika dipandang relevan dalam rangka meminimalisir permasalahan yang dihadapi guru dan siswa di SMK Negeri 4 Gorontalo pasca pandemi covid-19 saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control-group pretest-posttest design yang diadaptasi dari Isaac dan Michael (1971). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas kontrol mencapai persentase ketuntasan belajar sebesar 42% dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 14,38. Sedangkan untuk siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran blended learning mencapai persentase ketuntasan belajar sebesar 88% dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 22,20. Hasil pengujian t-test pada penelitian menunjukkan harga thitung > ttabel (5,845 > 2,067) membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi gerbang logika di SMK Negeri 4 Gorontalo.
Kata Kunci: Blended Learning, konvensional, Gerbang Logika.
Download berkas