SKRIPSI

Penulis / NIM
UMAR SYARIF / 532415014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Pembimbing 2 / NIDN
DIAN NOVIAN, S.Kom., M.T. / 0024117503
Abstrak
Siswa SMK Izzatul Islam belum memenuhi kriteria dari pemahaman dalam mata pelajaran desain multimedia dikarenakan nilai yang belum mencapai KKM yaitu 75 dan siswa belum memenuhi indikator dari pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Sketsa Gambar dan Ilustrasi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Base Learning dan dikombinasikan dengan Snowball Throwing sebagai Icebreaking dengan harapan dapat memicu siswa agar dapat fokus kembali pada materi dan Icebreaking sebagai evaluasi singkat untuk mencari tahu poin yang belum dipahami. Presentase pemahaman siswa setelah penerapan model Problem Base Learning dan dikombinasikan dengan Snowball Throwing pada sikus I adalah 52,4%, nilai tersebut belum memenuhi nilai presentase yang di harapkan yaitu 80% sehingga penelitian akan dilanjutkan ke siklus II. Dan hasil pelaksanaan pada siklus II telah memenuhi harapan dengan total nilai rata - rata 81,3%. Pada siklus ke-II ini seluruh siswa kelas XI Multimedia SMK Izzatul Islam telah mencapai nilai KKM. Presentase pemahaman siswa pada siklus II telah mencapai nilai 81,3%. Nilai tersebut telah memenuhi harapan yaitu presentase pemahaman lebih dari 80%. Nilai tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang dikombinasikan dengan metode Snowball Throwing mampu meningkatkan pemahaman siswa pada materi Gambar Sketsa dan Ilustrasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011