Penulis / NIM
ISFA FEBRIYANI KARIM / 532415031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
Isfa F. Karim. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Cisco IT Essentials Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Skripsi, Jurusan Teknik Informatika Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing 1 Rampi Yusuf, S.Kom, MT dan Dosen Pembimbing 2 Rochmat Mohammad Thohir Yassin, S.Kom., M.Eng.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Cisco IT Essentials terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa masing-masing pada kelas kontrol sebanyak 35 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 36 siswa. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan PowerPoint sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Cisco IT Essentials. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Cisco IT Essentials terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar.
Kata kunci: Hasil Belajar; Cisco IT Essentials; Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share
Download berkas