Penulis / NIM
YANDRI MAHMUD / 532415033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
ROVIANA H DAI, S.Kom, MT / 0030018301
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dengan menerapkan model pembelajaran direct instruction dengan bantuan media pembelajaran dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran direct instruction. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuasi ekperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 5 Gorontalo pada tahun 2019. Penelitian ini dilakukan di kelas X TKJ 1 (menerapkan model pembelajaran discovery learning) dan X TKJ 2 (menerapkan model pembelajaran direct instruction dengan menggunakan media pembelajaran). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dengan menerapkan model pembelajaran direct instruction dengan bantuan media pembelajaran dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran discovery learning. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil uji hipotesis terhadap hasil posttest dari kedua kelas. Hasil yang diperoleh pada KD 3.12 nilai thitung adalah 2,80 dan untuk KD 3.13 didapatkan nilai thitung adalah 1,95, begitu pula untuk KD 3.14 didapatkan nilai thitung adalah 2,21 dengan taraf signifikan ����¯�¿�½������± = 0,05 dan dk = 53, didapatkan ttabel adalah 1,67 sehingga diperoleh thitung > ttabel. Hal ini berarti tolak H0 dan terima Ha pada taraf signifikan ����¯�¿�½������± = 0,05. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran direct instruction menggunakan media pembelajaran lebih baik dari hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran discovery learning. Hal ini diperkuat dengan perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (66,79) > nilai rata-rata posttest kelas kontrol (57,17) untuk KD 3.12, sedangkan untuk KD 3.13 nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (64,50) > nilai rata-rata posttest kelas kontrol (54,05), begitu juga untuk KD 3.14 dimana nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (67,07) > nilai rata-rata posttest kelas kontrol (55,22).
Kata Kunci : Direct Instruction, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa, Komputer Dan Jaringan Dasar
Download berkas