SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAD PAUDI / 532415034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Pembimbing 2 / NIDN
NIKMASARI PAKAYA, S.Kom., M.T / 0014028602
Abstrak
ABSTRAK Rahmad Paudi. Penerapan Model Direct Instruction Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (dibimbing oleh Rampi Yusuf, S.Kom., M.T, dan Nikmasari Pakaya, S.Kom., M.T). Rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas X TKJ 2 di SMKN 5 Gorontalo pada materi Perakitan Komputer disebabkan karena adanya faktor internal siswa yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor pendekatan belajar yaitu model pembelajaran yang digunakan terlalu monoton , yang membuat siswa merasa jenuh dalam pembelajaran Perakitan Komputer. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 5 Gorontalo pada pokok bahasan Perakitan Komputer setelah diterapkan Model Direct Instruction menggunakan Aplikasi Cisco IT Essential Virtual Dekstop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Masing-masing siklus menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, persentase hasil belajar siswa yang berhasil mencapai KKM mencapai 67,92%. Akan tetapi capaian tersebut belum memenuhi persentase hasil belajar yang diharapkan yaitu 80%, sehingga penelitian masih perlu dilanjutkan pada siklus II. Selanjutnya pada siklus II terdapat peningkatan persentase hasil belajar siswa yang berhasil mencapai KKM mencapai 84,3%. Sehingga pada siklus II telah memenuhi persentase hasil belajar yang diharapkan yaitu 80%. Kata kunci: Cisco IT Essential Virtual Dekstop, Direct Instruction, Hasil Belajar, Perakitan Komputer
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011