Penulis / NIM
RAHMAD PAUDI / 532415034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Pembimbing 2 / NIDN
NIKMASARI PAKAYA, S.Kom., M.T / 0014028602
Abstrak
ABSTRAK
Rahmad Paudi. Penerapan Model Direct Instruction Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan
Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (dibimbing oleh Rampi Yusuf, S.Kom., M.T, dan
Nikmasari Pakaya, S.Kom., M.T).
Rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas X TKJ 2 di SMKN 5 Gorontalo pada materi Perakitan
Komputer disebabkan karena adanya faktor internal siswa yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran. Sedangkan faktor pendekatan belajar yaitu model pembelajaran yang
digunakan terlalu monoton , yang membuat siswa merasa jenuh dalam pembelajaran Perakitan
Komputer. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X
TKJ 2 SMK Negeri 5 Gorontalo pada pokok bahasan Perakitan Komputer setelah diterapkan Model
Direct Instruction menggunakan Aplikasi Cisco IT Essential Virtual Dekstop. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama
dua siklus. Masing-masing siklus menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, persentase hasil belajar siswa yang berhasil mencapai
KKM mencapai 67,92%. Akan tetapi capaian tersebut belum memenuhi persentase hasil belajar
yang diharapkan yaitu 80%, sehingga penelitian masih perlu dilanjutkan pada siklus II. Selanjutnya
pada siklus II terdapat peningkatan persentase hasil belajar siswa yang berhasil mencapai KKM
mencapai 84,3%. Sehingga pada siklus II telah memenuhi persentase hasil belajar yang diharapkan
yaitu 80%.
Kata kunci: Cisco IT Essential Virtual Dekstop, Direct Instruction, Hasil Belajar, Perakitan
Komputer
Download berkas