Penulis / NIM
APRILIA / 532416009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MUKHLISULFATIH LATIEF, S.Kom., MT / 0010127701
Pembimbing 2 / NIDN
SITTI SUHADA, S.Kom., MT / 0028057802
Abstrak
Penelitian ini berawal siswa kurang fokus memahami pelajaran, dan kurangnya modul pada mata pelajaran sehingga siswa menggunakan media lain untuk mencari informasi. Tidak hanya itu, ternyata respon siswa juga terbilang sangat sedikit terhadap memberikan pertanyaan pada model pembelajaran tersebut dengan adanya model pembelajaran ini pihak sekolah berharap agar peserta didik mempunyai kemajuan dan mampu untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar sebagaimana yang di maksud dalam Project Based Learning. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Basis Data di SMK N 5 Gorontalo. Metode yang digunakan penelitian ini adalah eksperimen true experimental desain penelitian Pre-Test dan Post-test Control Group Design. Hasil analisis data yang diperoleh mengenai Pengaruh Penerapan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Basis Data dapat diambil kesimpulan bahwa pada saat pembelajaran terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan tidak menggunakan model pembelajaraan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai rata ���" rata uji t kelompok terpisah untuk hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 42,00 sedangkan untuk nilai rata ���" rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 78,00 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima , yang dinyatakan bahwa penggunakan model Project based learning berpengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Basis Data di SMK N 5 Gorontalo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Ekperimen.
Download berkas