Penulis / NIM
ZULKIFLY ABDURRAHMAN / 532416020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOH. HIDAYAT KONIYO, ST., M.Kom. / 0016047303
Pembimbing 2 / NIDN
ROVIANA H DAI, S.Kom, MT / 0030018301
Abstrak
Zulkifly Abdurrahman. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Mata Pelajaran TIK Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IX. (dibimbing oleh Moh. Hidayat Koniyo, ST., M.Kom. dan Roviana H Dai, S.Kom, MT).
Berdasarkan hasil observasi awal yang di lakukan di SMP Negeri 1 Tapa di Kelas IX, guru masih melakukan proses pembelajaran dengan metode ceramah dalam proses pembelajaran dan pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga siswa terlihat bosan dan kurang bersemangat. Siswa juga tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran berlangsung sehingga penguasaan kompetensi pengetahuan masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi melalui implementasi model pembelajaran picture and picture. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk desain true experimental dan jenis penelitian Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tapa dengan subjek penelitian kelas IX berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata yang didapat kelas kontrol maupun kelas eksperimen dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal itu menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan terhadap kelas eksperimen berpengaruh. Artinya, model pembelajaran kooperatif picture and picture lebih baik dibandingkan dengan media power point/presentasi.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar Siswa, Eksperimen
Download berkas