Penulis / NIM
CINDY PATIKASARI KOLOPITA / 532416024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD RIFAI KATILI, Ph.D / 0026056602
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar masih belum optimal. Diketahui bahwa pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Lolayan masih menggunakan metode ceramah dengan menggunakan alat dan bahan yang masih konvensional. Selain itu, sarana dan prasarana yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran belum memadai terutama pada pelaksanaan praktikum. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen jenis Pre-Experimental-Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus uji N-Gain Score dengan nilai rata-rata mencapai 0,64 kriteria sedang. Kemudian dilanjutkan dengan uji pengaruh menggunakan rumus Paired Sample T-Test dengan hasil nilai -19,29 yang berdasarkan hipotesis penelitian bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi cisco packet tracer terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Cisco Packet Tracer, Pre Experimental-Design, Teknik Komputer dan Jaringan.
Download berkas