SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWATY DJ. MODJIDU / 532416028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOH. HIDAYAT KONIYO, ST., M.Kom. / 0016047303
Pembimbing 2 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Abstrak
Mata pelajaran Sistem Komputer untuk sebagian siswa kelas X TKJ termasuk salah satu Mata Pelajaran Produktif TKJ yang sulit dimengerti dan dipahami oleh siswa karena di mata pelajaran tersebut terdapat materi yang memuat sistem bilangan digital dan operasi Logika. Pemahaman siswa akan pelajaran ini yang dapat berakibat penurunan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian yang bertujuan dengan adanya Media Pembelajaran untuk Model Pembelajaran Discovery Based Learning pada materi Sistem Bilangan Digital dapat Meningkatkan Pemahaman dan Keaktifan Belajar Siswa kelas X. Metode yang digunakan Eksperimen dengan bentuk desain yaitu true experimental design dengan menggunakan model Pretest-Posttest Control Group Design. Pada hasil pengujian kelayakan media pembelajaran oleh tiga ahli media yang dalam hal ini satu orang dosen, satu orang dari pihak GOTV dan satu orang lagi dari guru multimedia SMK Negeri 5 Gorontalo diperoleh skor rata-rata 62,6 dengan kriteria sangat layak dan hasil pengujian kelayakan media pembelajaran oleh dua ahli materi yaitu satu orang guru mata pelajaran Sistem Komputer dan satu orang dosen diperoleh skor 78 dengan kriteria sangat layak. Sehingga pengujian kelayakan dari media pembelajaran berdasarkan ahli media dan materi termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan Hasil analisis data menunjukkan terdapat adanya peningkatan terhadap pemahaman belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah 59.1 dengan nilai terendah adalah 7 dan nilai tertinggi adalah 76 sedangkan untuk nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 82.5 dengan nilai terendah adalah 76 dan nilai tertinggi adalah 100. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa media pembelajaran discovery based learning pada materi sistem bilangan dapat meningkatkan nilai hasil belajar dan pemahaman belajar siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran Discovery Based Learning, Pemahaman Belajar Siswa, Ekperimen.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011