SKRIPSI

Penulis / NIM
FIZRIANA RAUF / 532416036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOHAMMAD SYAFRI TULOLI, ST., MT. / 0025078202
Pembimbing 2 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Abstrak
FIZRIANA RAUF. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) (dibimbing oleh Dr. Mohammad Syafri Tuloli, MT dan Rampi Yusuf, S.Kom., MT) Berdasarkan hasil observasi awal pada Program Pengalaman Lapangan (PPL) proses pembelajaran pada mata pelajaran TIK, kelas VIII , di SMP N 1 Tapa. Diperoleh informasi mengenai rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh siswa kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa tidak berani mengajukan pertanyaan kepada guru, banyak siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Selain itu pembelajaran masih menggunakan metode konvensional (ceramah). Sehingga pelajaran berjalan membosankan, siswa menjadi pasif dan hanya menulis saja, karena siswa pasif maka pengetahuan yang diperoleh mudah dilupakan, dan siswa hanya belajar menghafal tanpa pemahaman. Observasi lebih lanjut diperoleh keterangan bahwa rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dimana terdapat 77% siswa kelas VIII2 SMP N 1 Tapa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sebaiknya siswa dapat mencapai atau bahkan melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan di sekolah yaitu 75. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk desain true experimental dan jenis penelitian Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tapa dengan subjek penelitian kelas VIII-2 berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dengan bantuan program SPSS v25. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata yang didapat kelas kontrol maupun kelas eksperimen dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal itu menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan terhadap kelas eksperimen berpengaruh. Artinya, model pembelajaran kooperatif tipe talking stick lebih baik dibandingkan dengan hanya menggunakan metode konvensional (ceramah). Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011