Penulis / NIM
PANJI NUR IKSAN / 532416040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Pembimbing 2 / NIDN
SALAHUDIN OLII, ST,.MT / 0031108103
Abstrak
PANJI NUR IKSAN. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (dibimbing oleh Arip Mulyanto, M.Kom dan Salahudin Olii, ST., MT).
Pembelajaran teknologi jaringan berbasis luas dengan metode pembelajaran teacher center mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan ide-idenya. Hal ini dapat dilihat ketika guru mengadakan diskusi di kelas hanya satu atau dua siswa yang sering mendominasi pembicaraan dan siswa lain hanya diam tidak mengutarakan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Time Token terhadap keaktifan belajar siswa. Metode penelitian adalah metode penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan pada model pembelajaran Time Token terhadap keaktifan belajar siswa. Secara keseluruhan rata-rata persentase yang diperoleh kelas kontrol adalah 65% tergolong kategori aktif, sedangkan rata-rata persentase yang diperoleh kelas eksperimen adalah 83% tergolong kategori sangat aktif. Selisih persentase antara keaktifan belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu sebesar 18%.
Kata kunci: Keaktifan Belajar; Teacher Center; Model Pembelajaran Kooperatif Time Token.
Download berkas