Penulis / NIM
MUHAMMAD PUTRO HUTOMO / 532416053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD RIFAI KATILI, Ph.D / 0026056602
Pembimbing 2 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Abstrak
Pengaruh Motivasi Belajar Dan Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Di SMK Negeri 1 Gorontalo. Permasalahan kurangnya motivasi belajar karena faktor didalam dan diluar. Faktor dari luar adalah tindakan yang muncul diluar kehendak murid seperti pengajar, rekan, sarana pembelajaran, lingkup sekolah, sumber pembelajaran, penghasilan orangtua, dll. Sementara faktor dari dalam adalah tindakan yang muncul didalam kehendak siswa seperti kondisi fisik, intelegent, potensi, peminatan, dorongan, serta atensi dikelas X, SMK N 1 Gorontalo mapel komputer dan jaringan dasar. Riset tersebut memiliki tujuan dalam mengetahui Pengaruh positif motivasi belajar dan Pengaruh positif dorongan pembelajaran dan dampak positif media e-learning pada hasil pembelajaran murid dalam mapel komputer jaringan dasar di SMK N 1 Gorontalo. Metode riset adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil riset tersebut memperlihatkan jika: (1) ada dampak positive dan significant pada dorongan pembelajaran mapel Komputer Jaringan Dasar murid dikelas TKJ X SMK Negeri 1 Gorontalo thitung sebesar 2,408 yang bersignifikansi sejumlah 0,022 < 0,05 dan Fhitung sebesar 5,798; (2) tidak ada dampak positive dan significant motivasi pembelajaran maupun media e-learning pada hasil pembelajaran mapel Komputer Jaringan Dasar murid dikelas TKJ X SMK N 1 Gorontalo thitung sebesar -0,040 terhadap skor sig 0,149 < 0,05 dan F terhitung sejumlah 1,919;
Kata Kunci : Motivasi Belajar ; Media E-Learning ; Hasil Belajar
Download berkas