Penulis / NIM
MAR'IE MUHAMMAD / 532416081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Pembimbing 2 / NIDN
AGUS LAHINTA, ST., M.Kom. / 0017087402
Abstrak
Pengaruh model pembelajaran kooperatif student teams achievement division terhadap belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Proses pembelajaran komputer dan jaringan dasar saat ini menggunakan model pembelajaran project based learning (PBL). Permasalahan pada model pembelajaran PBL yaitu memerlukan banyak waktu untuk menyelesaikan suatu masalah dan masih ada peserta didik yang tidak aktif dalam mengerjakan suatu masalah yang diberikan oleh guru serta kurangnya apresiasi atau penghargaan kepada siswa ketika telah menyelesaikan suatu masalah pada kelas X TKJ 1, SMK N 1 Gorontalo pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar materi pengalamatan IP address. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap minat belajar. Metode penelitian adalah eksperimen menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran STAD. Hasil penelitian setiap indikator minat belajar mengalami perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada indikator perasaan senang kelas kontrol nilai rata-rata hasil angket yaitu 40,21% yang termasuk dalam kategori kurang berminat sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 70,25% termasuk dalam kategori berminat. Pada indikator keterlibatan siswa kelas kontrol rata-rata nilai angket yaitu 43% yang termasuk dalam kategori cukup berminat sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 82,83% yang termasuk dalam kategori sangat berminat. Pada indikator tarikan kelas kontrol rata-rata nilai angket yaitu 40,29% yang termasuk dalam kategori kurang berminat sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 75,25% yang termasuk dalam kategori berminat. Pada kategori perhatian kelas kontrol rata-rata nilai angket yaitu 38,33% yang termasuk dalam kategori kurang berminat sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 62,33% yang termasuk dalam kategori cukup berminat.
Download berkas