Penulis / NIM
ASRAWATI NUR AKUBA / 532417020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
Seiring dengan perkembangan zaman, proses pembelajaran tidak hanya dilakukan secara tatap muka. Namun juga dapat dilakukan dari jarak jauh atau dikenal dengan pembelajaran daring. Sejak COVID-19 diumumkan masuk ke Indonesia, pembelajaran daring menjadi proses pembelajaran yang dijadikan sebagai solusi dalam pelaksanaan proses pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran daring tersebut, dilaksanakan melalui media pembelajaran seperti google meet, microsoft teams, zoom, google classroom, quizizz dan lain-lain. Namun penggunaan blended learning ini, membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 4 Gorontalo pada mata pelajaran Sistem Komputer, khususnya materi sistem bilangan dengan presentasi ketuntasan hanya 22,50%. penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pedekatan survei. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 4 Gorontalo dengan pengaruh sebesar 23,3%.
Download berkas