Penulis / NIM
SRI AYU NURCAHAYA WATI / 532417022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Pembimbing 2 / NIDN
SITTI SUHADA, S.Kom., MT / 0028057802
Abstrak
Sri Ayu Nur Cahaya Wati, Pengaruh Media Game Edukasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X TKJ pada Materi Menerapkan Pembuatan Desain Berbasis Gambar Vektor di SMK Negeri 4 Gorontalo (dibimbing oleh Pembimbing I Arip Mulyanto, S.Kom., M.Kom dan Pembimbing II Sitti Suhada, S.Kom., MT).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media game edukasi Quizizz terhadap minat belajar siswa kelas X TKJ pada materi menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor di SMK Negeri 4 Gorontalo.
Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket minat belajar. Hasil penelitian ini memperoleh skor rata-rata angket pre-test 62,55 dan post-test 85,70 pada kelas eksperimen dan memperoleh skor rata-rata angket pre-test 53,10 dan post-test 67,75 pada kelas kontrol. Adapun hasil perhitungan dengan menggunakan independent sample t- test pada skor angket minat belajar diperoleh signifikan atau sig-(2-tailed) sebesar 0,000 dimana menurut hipotesis dan juga dasar pengambilan keputusan jika nilai sig.2 tailed < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima dan jika nilai sig.2 tailed > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa H0 ( Tidak ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa dengan menerapkan media power point dan minat belajar siswa dengan menerapkan media game edukasi quizizz) ditolak dan H1 (Ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa dengan menerapkan media power point dan minat belajar siswa dengan menerapkan media game edukasi quizizz) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media game edukasi quizizz terhadap minat belajar siswa kelas X TKJ pada materi menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor di SMK Negeri 4 Gorontalo.
Kata kunci: Game edukasi Quizizz; menerapkan pembauatan desain berbasis gambar vektor; penelitian kuasi eksperimen; nonequivalent group control design
Download berkas