SKRIPSI

Penulis / NIM
FIRMAN A. USMAN JAILANI / 532417035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
ABSTRAK FIRMAN A. USMAN JAILANI, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 3 Gorontalo (Dibimbing oleh pembimbing 1 Manda Rohandi, S.Kom., M.Kom dan pembimbing 2 Rochmat Mohammad Thohir Yassin, S.Kom., M.Eng). Pemanfaatan media pembelajaran interaktif dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran sistem komputer, dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Namun berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa, penggunaan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer masih sangat jarang, adapun media pembelajaran yang digunakan masih sebatas presentasi menggunakan power point yang isi materinya hanya berupa teks, hal itu membuat siswa menjadi mudah bosan saat proses pembelajaran berlangsung, dikarenakan cara penyajian materi yang masih monoton dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer dan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran interaktif menurut ahli materi, ahli media, dan pengguna (siswa). Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan MDLC. Hasil penelitian melalui pengujian validasi media pembelajaran oleh dua ahli materi diperoleh skor rata-rata 92,86% dengan kriteria sangat layak. Dan hasil pengujian kelayakan media pembelajaran oleh dua ahli media diperoleh skor rata-rata 84,40% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan praktikalisasi media pembelajaran dari hasil penilaian tanggapan siswa (respon siswa) terhadap media pembelajaran dalam uji coba 20 orang siswa diperoleh skor rata-rata 85,42% dengan kriteria sangat baik. serta untuk efektifitas dari media pembelajaran, berdasarkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh 0,000. Sesuai dengan dasar pedoman pengambilan keputusan yang ada, Jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dengan posttest yang artinya ada pengaruh yang positif dari penggunaan media pembelajaran interaktif pada hasil belajar siswa untuk mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 3 Gorontalo. Kata kunci: media pembelajaran; sistem komputer. ABSTRACT FIRMAN A. USMAN JAILANI, Development of Interactive Learning Media in Computer System Subject at SMK Negeri 3 Gorontalo (The principal supervisor is Manda Rohandi, S.Kom., M.Kom. and the co-supervisor is Rochmat Mohammad Thohir Yassin, S.Kom., M.Eng). Using interactive learning media to deliver material on computer system subject can increases students����¯�¿�½���� interest and learning outcomes. However, observations found that the use of interactive learning media in computer system subject was still very rare. The learning media used is still limited to presentations using powerpoint; the material����¯�¿�½����s content is only in the form of text. This makes students easily bored during the learning process because the material presentation is still monotonous and less interesting. This study aims to develop interactive learning media on the computer system and determine the feasibility of interactive learning media according to material experts, media experts, and users (students). The research applies research and development (R&D) with the MDLC development model. The study����¯�¿�½����s results through the validation test of learning media by two material experts obtained an average score of 92,86% with very feasible criteria. Two media experts����¯�¿�½���� results of the feasibility test of learning media obtained an average score of 84,40% with very decent criteria. While the practicalization of learning media from the results of the assesment of students����¯�¿�½���� responses to learning media in a trial of 20 students obtained an average score of 85,42% with very goog criteria. Furthermore, the effectiviness of learning media, based on the results of the paired sample t-test, shows the value of Sig. (2-tailed) obtained 0,000. Following the existing basic decision-making guidelines, if the value of Sig. (2-tailed) < 0,05, then Ho is rejected, and Ha is accepted. Thus, it can be concluded the there is an average difference between pre-test and post-test learning outcomes, which means that there is a positive influence of the use of interactive learning media on students learning outcomes in computer subject at SMK Negeri 3 Gorontalo. Keywords: learning media; computer system.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011