Penulis / NIM
NOVANTO SY. LIHAWA / 532417036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Pembimbing 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstrak
Dari hasil wawancara tidak terstruktur dengan guru di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo, adanya covid-19 proses pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar menjadi terhambat sehingga guru memberikan materi dalam bentuk ceramah yang menyebabkan proses pembelajaran kurang menarik, maka dari itu dibutuhkan media yang mampu menopang kekurangan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif sebagai alat bantu proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar serta mengukur kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu : 1) Analysys; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Pengukuran kelayakan dilakukan dengan uji validasi, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil pengukuran validasi yang dilakukan oleh 2 ahli media mendapatkan nilai 92,38% dengan kriteria sangat valid sedangkan hasil pengukuran validasi yang dilakukan oleh 2 ahli materi mendapatkan nilai 94,67% dengan kriteria sangat valid. (2) hasil pengukuran kepraktisan yang dilakukan oleh siswa X TKJ sebagai pengguna mendapatkan nilai 90% dengaan kriteria sangat praktis. (3) hasil pengukuran keefektifan media pembelajaran pada siswa X TKJ pada pre test mendapatkan nilai rata-rata 66,5 sedangkan pada post test mendapatkan 80, terdapat perkembangan nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interkatif layak digunakan sebagai alat bantu media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar.
Download berkas