Penulis / NIM
RENALDO HADJI / 532417054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Pembimbing 2 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Abstrak
Renaldo Hadji. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Menggunakan Modul Digital Interaktif (Studi Kasus Kelas X Jurusan RPL, SMK Negeri 3 Gorontalo) (dibimbing oleh Arip Mulyanto, M.Kom dan Manda Rohandi, S.Kom., M.Kom).
Komputer dan Jaringan Dasar merupakan mata pelajaran produktif program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Gorontalo. Namun dalam kebijakan pelaksanaan pembelajaran secara online terdapat beberapa permasalahan yaitu media pembelajaran dirasa kurang menarik sehingga siswa cepat merasa jenuh ketika pembelajaran berlangsung, media pembelajaran juga kurang melibatkan siswa aktif sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru, dan para siswa memiliki nilai yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menunjukan pemahaman siswa terhadap materi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar setelah menggunakan modul digital interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan modul digital interaktif, didasari atas perbedaan rerata nilai pretest dan posttest yang didapatkan sebesar 0,00 lebih kecil dari < 0,05. Sehingga disimpulkan pembelajaran menggunakan modul digital interaktif pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran.
Kata kunci: Modul Digital Interaktif; Pemahaman Siswa; Pre-Experimental.
Download berkas