SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDUL MUCHLIS SULEMAN / 532417069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pembimbing 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Pembimbing 2 / NIDN
DIAN NOVIAN, S.Kom., M.T. / 0024117503
Abstrak
ABDUL MUCHLIS SULEMAN. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Kerja Pembuatan Prototype Produk Barang/Jasa (dibimbing oleh Arip Mulyanto, M.Kom dan Dian Novian, S.Kom M.T) Dari hasil yang penulis dapatkan saat proses pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran produk kreativitas dan kewirausahaan adalah model pembelajarn konvensional. Proses pembelajaran yang dilakukan hanya terfokus pada pemberian materi dan tugas membuat turunnya minat belajar siswa yang berakibat pada hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil ulangan harian pada materi proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa. Dari 36 siswa kelas XI Multimedia 1 terdapat 19,44% siswa tidak memenuhi nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan melakukan penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) pada materi proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan perangkat pembelajaran meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Tes Hasil Belajar (THB), Lembar Observasi Aktivitas Guru, dan Lembar Observasi Aktivitas Siswa yang sudah dilakukan validasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan berjalan 1 putaran siklus dengan 3 kali pertemuan tatap muka, dari hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase aktivitas guru mencapai 100% dengan kriteria sangat baik, rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 81,25% dengan kriteria sangat baik, dan rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100% siswa yang telah mendapatkan nilai diatas dari kriteria ketuntasan minimum dengan ketuntasan klasikal mencapai 100% dengan kriteria baik sekali, dengan demikian penelitian pada siklus 1 dinyatakan berhasil karena telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, project based learning, produk kreatifitas dan kewirausahaan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011