SKRIPSI

Penulis / NIM
LATHIFA BACHMID / 544412002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
HASMAH, S.Pd, M.Sn / 0025047801
Pembimbing 2 / NIDN
- ISNAWATI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0011097406
Abstrak
ABSTRAK Lathifa Bachmid, 2017 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMP Negeri 2 Telaga". Skripsi, S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Teknik Kriya, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Hasmah S.Pd., M.Sn (2) Isnawati Mohamad S.Pd, M.Pd Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Telaga. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Data diolah dengan menggunakan rumus persentase hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa tentang materi Ragam Hias pada Mata Pelajaran Seni Budaya disiklus I sampai dengan pelaksanaan tindakan siklus II dengan menerapkan metode pembelajaran Inquiry mengalami peningkatan yang positif. Pelakasanaan tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas dalam pembelajaran hanya mencapai 60%. Hal ini disebabkan oleh aspek-aspek berikut: 1) cara guru membagi kelompok belajar siswa berdasarkan jumlah siswa dan jenis kelamin belum tepat,2) cara guru menjelaskan materi masih kurang baik baik,3) kurang memberikan motivasi atau penguatan dalam memulai pembelajaran,4) cara menyimpulkan materi pembelajaran masih kurang. Berdasarkan kekurangan-kekurangan tersebut perlu dilanjutkan pada siklus ke II. Pelakasanaan tindakan siklus ke II mengalami peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inquiry yaitu menjadi 84%. Angka tersebut menunjukkan bahwa, tuntutan standar kurikulum sebesar 75% sudah terpenuhi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis yang telah dirumuskan yaitu "Jika menggunakan metode pembelajaran inquiry di kelas VII maka hasil belajar siswa akan meningkat, dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Inquiry
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011