SKRIPSI

Penulis / NIM
GEDE NOVRIYANTO PRAMANA / 544412008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
I WAYAN SERIYOGA PARTA, S.Sn / 0009078002
Pembimbing 2 / NIDN
- ISNAWATI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0011097406
Abstrak
ABSTRAK Gede Novriyanto Pramana. 2018 "Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-2 Dengan Pembelajaran Teknik Mozaik menggunakan limbah cangkang telur pada siswa kelas VIII-2 Negeri 2 Telaga". Skripsi, S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) I Wayan Seriyoga Parta S.Sn, M.Sn (2) Isnawati Mohamad S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Teknik Mozaik menggunakan limbah cangkang telur kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Telaga. Menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa, pembelajaran melalui Teknik Mozaik menggunakan limbah cangkang telur, dilaksanakan dengan melalui tahap sebagai berikut ; 1) Persiapan . 2) Pelaksanaan. 3) Penilaian. Dari 22 siswa yang mengikuti pembelajaran seni tempel menggunakan cangkang telur terdapat dari 15 siswa (68,18%) memperoleh kategari Baik dan 7 siswa (31,81%) dalam kategori Cukup. Hal tersebut dapat dilihat pada aspek penilaian dari beberapa indikator dengan nilai persentasenya yaitu Teknik (2781%), Kreatifitas (2263%) dan Estetika (2213%). Dimana dari ketiga aspek yang dinilai mereka mampu menyelesaikan dengan baik dilihat dari penempelan cangkang telur yang memiliki perbandingan antara objek dengan yang dihasilkan terlihat seimbang, serta mampu mengatasi detail-detailnya dengan mudah, sehingga tidak terlalu mengalami kesulitan. Adapun yang memiliki kategori cukup, dalam hal ini mereka telah menyelesaikan proses tersebut, namun masih kurang maksimal dalam penyelesaian ketepatan desain serta belum mampu mengkomposisikan karya, seperti warna sehinggah variasi yang diinginkan masih kurang tercapai dalam kesatuan yang sempurna dan belum bisa mengembangkan ide-ide dalam memanfaatkan ruang. Dengan dilakukannya praktek pembelajaran ini diketahui kemampuan siswa meningkat, dalam artian lain tujuan dari penelitian ini telah tercapai. Kata Kunci : Pembelajaran, Teknik Mozaik, Cangkang telur
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011