Penulis / NIM
SANG KOMANG DARMA PUTRA / 544412010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
HASDIANA, S.Pd., M.Sn / 0021057803
Pembimbing 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstrak
ABSTRAK
Sang Komang Darma Putra, 2016 "Metode Drill Sebagai Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penggunaan Alat Ukir Pada Mata Pelajaran Kriya Ukir (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas XI Jurusan Kriya Kayu di SMK Negeri 4 Gorontalo)" Skripsi, S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Teknik Kriya, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Hasdiana, S.Pd, M.Sn, (2) Drs. Yus Iryanto Abas, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan siswa dalam penggunaan alat ukir pada mata pelajaran kriya ukir kelas XI Jurusan Kriya Kayu SMK Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa. Analisa data menggunakan rumus presentase. Berdasarkan analisis penelitian ditemukan bahwa: Data yang diperoleh pada siklus I, menunjukan bahwa dari 21 siswa yang ikut tes kemampuan terdapat 8 siswa atau (38,09%) memperoleh ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa atau (61,90%) belum memperoleh ketuntasan belajar dan pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar meningkat menjadi 18 siswa atau (85,71%) dan 3 siswa atau (14,28%) belum mencapai nilai ketuntasan belajar sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini adalah bahwa metode drill dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan alat ukir.
Kata Kunci : Kriya, Ukir, Metode, Drill
Download berkas