Penulis / NIM
NINDRIYANI ISA / 544412014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SULEMAN DANGKUA, M.Hum / 0009126209
Pembimbing 2 / NIDN
HASMAH, S.Pd, M.Sn / 0025047801
Abstrak
ABSTRAK
Nindriyani, Isa. 2019. Kemampuan Siswa Dalam Berkarya Kaligrafi Menggunakan Media Pasir di Kelas VIII-2 MTs. Alkhairaat Paguyaman. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: (1) Drs. Suleman Dangkua, M. Hum dan Pembimbing (2) Hasmah, S.Pd, M. Sn.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berkarya kaligrafi menggunakan media pasir di kelas VIII-2 MTs. Alkhairaat Paguyaman. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Jumlah siswa pada kelas VIII-2 berjumlah 22 orang. Pengumpulan data melalui Observasi dan dokumentasi. Penilaian dengan aspek: Estetika, Kreatifitas dan teknik. Diperoleh hasil: 8 siswa atau 37% memperoleh kategori Sangat Mampu (SM), 4 siswa atau 18% memperoleh kategori Mampu (M), 4 siswa atau 18% memperoleh kategori Cukup Mampu (CM) dan 6 orang siswa atau 27% memperoleh kategori Kurang Mampu (KM). Untuk kategori SM-Estetika, berarti siswa sangat mampu menebarkan pasir kedalam desain kaligrafi. kategori SM-kreativitas berarti siswa sangat mampu mengkombinasikan warna sehingga menghasilkan karya yang serasi. Kategori SM-teknik berarti siswa sangat mampu menggunakan media sesuai fungsinya. Sedangkan kategori M-Estetika berarti siswa sangat mampu menebarkan pasir kedalam desain kaligrafi. kategori M-kreativitas berarti siswa mampu mengkombinasikan warna sehingga menghasilkan karya yang serasi. Kategori M-teknik berarti siswa mampu menggunakan media sesuai fungsinya. Sedangkan kategori CM-Estetika berarti siswa cukup mampu menebarkan pasir kedalam desain kaligrafi. kategori CM-kreativitas berarti siswa cukup mampu mengkombinasikan warna sehingga menghasilkan karya yang serasi. Kategori CM-teknik berarti siswa cukup mampu menggunakan media sesuai fungsinya. Sedangkan kategori KM-Estetika berarti siswa kurang mampu menebarkan pasir kedalam desain kaligrafi. kategori KM-kreativitas berarti siswa kurang mampu mengkombinasikan warna sehingga menghasilkan karya yang tidak serasi. Kategori KM-teknik berarti siswa kurang mampu menggunakan media sesuai fungsinya.
Kata Kunci : Kemampuan, Kaligrafi, Media Pasir
Download berkas