Penulis / NIM
ERWIN TILOLA / 544413003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
HASDIANA, S.Pd., M.Sn / 0021057803
Pembimbing 2 / NIDN
I WAYAN SERIYOGA PARTA, S.Sn / 0009078002
Abstrak
ABSTRAK
ERWIN TILOLA. 2018. Penerapan Teknik Arsir Untuk Meningkatkan Hasil Karya Sketsa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. SI Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni Rupa Dan Desain, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Hasdiana, S.Pd., M.Sn, Pembimbing II I Wayan Seriyoga Parta, S.Sn., M.Sn.
Tujuan penelitian yaitu melakukan penerapan teknik arsir untuk meningkatkan hasil karya Siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo dengan menggunakan metode penelitian pendidikan kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah 56 Siswa dengan populasi yang berjumlah 369 diuraikan dari 15% atau 0,15-369 dibulatkan menjadi 56 sampel seperti dijelaskan pada tabel 16. Siswa terdiri dari 16 Siswa laki-laki dan 40 Siswa perempuan. Objek dalam penelitian adalah penerapan teknik arsir pada pembelajaran Seni Rupa. Proses pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti pembelajaran, kegiatan penutup. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan penilaian hasil karya Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo dalam menerapkan teknik arsir pada mata pelajaran Seni Budaya terdiri dari tiga aspek yang berdasarkan dasar-dasar menggambar yaitu proporsi, ketepatan bentuk, dan gelap terang.
Penilaian karya Siswa pada proses pembelajaran Sketsa dengan menerapkan teknik arsir untuk meningkatkan hasil karya Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo maka diperoleh sebagai berikut. Dari penilaian hasil karya Sketsa dengan jumlah 36 Siswa atau 64,28% dengan kategori Sangat Baik (SB), hasil nilai diperoleh berkisar 81,32 sampai 88,32 yang dinilai dari ketiga aspek yaitu proporsi, ketepatan bentuk, dan gelap terang. Dan untuk 20 Siswa atau 35,71% masuk kategori Baik (B), hasil nilai yang diperoleh berkisar 74,33 sampai 80,99 yang dinilai dari ketiga aspek yaitu proporsi, ketepatan bentuk, dan gelap terang. Peneliti menyimpulkan dari hasil penilaian karya Siswa lebih meningkat dalam kegiatan tindak praktek yang dilaksanakan oleh Siswa kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo.
Kata kunci : Penerapan, Teknik Arsir, Sketsa.
Download berkas