Penulis / NIM
SERLIN UMAR / 544414010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SULEMAN DANGKUA, M.Hum / 0009126209
Pembimbing 2 / NIDN
MURSIDAH WATY, S.Pd., M.Sn / 0013057406
Abstrak
ABSTRAK
Serlin Umar, 2021. Pembelajaran Berkarya Dua Dimensi Dengan Teknik Kolase Menggunakan Bahan Alam Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa Dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Drs. Suleman Dangkua, M.Hum (2) Mursidah Waty S.Pd M.Sn.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran berkarya dua dimensi dengan teknik kolase menggunakan bahan alam siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas VII-7 dengan jumlah siswa 31 orang. Aspek penilaian hasil karya siswa menggunakan teori kemampuan Dendi Sugono yang meliputi kesanggupan, kecakapan, dan kekuatan serta didukung teori estetik oleh Monroe Beardsley yang meliputi kesatuan, kerumitan, dan kesungguhan. Penilaian hasil karya terbagi menjadi empat kategori yaitu, karya siswa kategori sangat baik (SB) dengan rentang nilai 82-88 terdapat 9 siswa mencapai 29,04 %, kategori baik (B) dengan rentang nilai 75-81 terdapat 13 siswa mencapai 41,93%, kategori cukup (C) dengan rentang nilai 68-74 terdapat 7 siswa mencapai 22,58%, dan kategori kurang baik (KB) dengan rentang nilai 61-67 terdapat 2 siswa mencapai 6,45%. Berdasarkan penilaian dari ketiga aspek yang dilakukan dapat dikatakan bahwa dari 31 siswa terdapat 22 siswa dengan kategori baik dan sangat baik ( 70,96%) lebih besar dibandingkan dengan kategori cukup baik dan kurang baik (29,03%) dalam berkarya dua dimensi dengan teknik kolase menggunakan bahan alam.
Kata Kunci: Pembelajaran, Teknik Kolase, Bahan Alam
Download berkas