Penulis / NIM
DESI SURIYANI LALENO / 544414017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SULEMAN DANGKUA, M.Hum / 0009126209
Pembimbing 2 / NIDN
ULIN NAINI, S.Pd., M.Sn / 0006058001
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pembelajaran Melukis Menggunakan Media Cat Di Atas Kanvas Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Telaga. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: 1) Tahap Persiapan 2) Tahap Pelaksanaan 3) Tahap Akhir 4) Tahap Penilaian dengan Aspek; Life Skill, Komposisi, Pewarnaan, dan Keaslian. Diperoleh hasil : penilai 1 memberikan rata-rata nilai 90, yang berarti masuk dalam kategori Sanga Mampu. Penilai 2 memberikan rata-rata nilai 87.59% yang berarti masuk dalam KSM. Penilai 3 memberikan rata-rata nilai 85.25% yang berarti masuk dalam KSM. Untuk kategori sangat mampu pada aspek life skill, berarti bahwa siswa sangat mampu mengekspresikan diri dalam berkarya lukis sehingga menghasilkan karya yang unik. Untuk kategori sangat mampu pada aspek komposisi berarti bahwa siswa sangat mampu dalam menyusun unsur-unsur seni rupa sehingga menjadi komposisi yang serasi. Kategori sangat mampu pada aspek pewarnaan, siswa sangat mampu dalam menerapkan warna. Dan untuk kategori sangat mampu pada aspek keaslian berarti siswa mampu menghasilkan karya sesuai dengan gambar aslinya.
Kata Kunci : Pembelajaran, Melukis, Media Cat, Kanvas
ABSTRACT
The objective of this research is to find out learning to paint using paint media on canvas in class IX students of SMP Negeri 1 Telaga. Method used in this research is quantitative descriptive the data are collected through observasion, interview, and documentation. The research finding indicates that the learning is performed through 4 stages: 1) preparation, 2) implementation, 3) final, and 4) assessment with aspects of life skill, composition, coloring, and authenticity. The finding reveals that; the evaluator 1 grades an average value of 90 meaning that is it in the strongly capable category; evaluator 2 grades an average value of 87.59% meaning that it is in the Strongly Capable category; and evaluator 3 grades an average value 0f 85.25% meaning that it is in the strongly capable category. In addition, for strongly capable category in life skill aspect, it indicates that the students are strongly capable of expressing themselves in painting so that is creates a unique work. Meanwhile, for Capable category in composition aspect, it indicates that the students are strongly capable of arranging elements of fine arts so that it creates a harmonious composition. In the meantime, for strongly capable category in coloring aspect, in indicates that the students are strongly capable of applying color. Lastly for strongly capable category in authenticity aspect, the students are capable of creating work that is in compliance with the authentic picture.
Keywords: Learning, Painting, Canvas
Download berkas