Penulis / NIM
ISNA W. KADULAH / 544415009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HARIANA, S.Pd, M.Ds / 0018057503
Pembimbing 2 / NIDN
HASMAH, S.Pd, M.Sn / 0025047801
Abstrak
Isna W. Kadullah. 2022. Pembelajaran Teknik Ikat Celup Dalam Menerapkan Ragam Hias Pada Bahan Tekstil Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Hariana S.Pd, M.Ds dan Pembimbing : (2) Hasmah S.Pd, M.Sn.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran teknik ikat celup dalam menerapkan ragam hias pada bahan tekstil. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik penentuan sampel purpose sampling, pada kelas VII E, yang berjumlah 20 orang. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pembelajaran teknik ikat celup dengan menerapkan ragam hias pada bahan tekstil dilakukan dengan 3 tahapan; 1) Persiapan; 2) Pelaksanaan; 3) Evaluasi. Persiapan melalui tahap menyiapkan RPP, menyiapkan desain motif, menyiapkan karya ikat celup, menyiapkan alat dan bahan untuk membuat ikat celup. Pelaksanaan melalui 3 kegiatan; 1) Kegiatan awal, menyampaikan tujuan pembelajaran; 2) Kegiatan inti, mendesain ragam hias, menjiplak motif pada kain, menjelujur, mengikat, melipat kain berdasarkan desain yang dibuat, pewarnaan pada karya ikat celup, dan membilas kain setelah proses pewarnaan; 3) Kegiatan akhir, menyimpulkan materi. Hasil evaluasi menunjukan terdapat 6 siswa masuk kategori sangat baik, 10 siswa masuk kategori baik, 3 siswa masuk kategori cukup baik, dan 1 siswa masuk kategori kurang baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran teknik ikat celup dalam menerapkan ragam hias pada bahan tekstil berhasil dan termasuk dalam kategori baik dan sangat baik dalam membuat karya ikat celup di kelas VII E.
Kata kunci: Pembelajaran, Ikat Celup, Ragam Hias Tekstil
Download berkas