Penulis / NIM
NURHAYATI BAKARI / 544415010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
HASMAH, S.Pd, M.Sn / 0025047801
Pembimbing 2 / NIDN
ULIN NAINI, S.Pd., M.Sn / 0006058001
Abstrak
Nurhayati Bakari. 2022. Analisis Kebutuhan Guru Seni Budaya SMP/MTs Di Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Hasmah S.Pd, M.Sn. dan Pembimbing : (2) Ulin Naini S.Pd, M.Sn.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kebutuhan Guru dan kesesuaian latar belakang guru pengampuh Seni Budaya SMP/MTs di Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh SMP/MTs di Kota Gorontalo yang berjumlah 31 sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus perhitungan jumlah kebutuhan guru per mata pelajaran menurut Petunjuk Teknis Peraturan Bersama Lima Menteri No. 11 Tahun 2011 tentang penataan guru PNS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kebutuhan guru Seni Budaya untuk SMP berjumlah 42 guru, dan MTs berjumlah 13 guru. Jumlah guru yang ada secara keseluruhan berjumlah 33 guru, dan guru yang masih dibutuhkan berjumlah 22 guru. Data jumlah guru Seni Budaya di setiap SMP berjumlah 29 guru dan MTs berjumlah 12 guru. Jumlah guru Seni Budaya di SMP yang sesuai latar belakang pendidikannya berjumlah 6 guru dan yang tidak sesuai berjumlah 14 guru. Selanjutnya jumlah guru Seni Budaya di MTs yang sesuai latar belakang pendidikannya berjumlah 6 guru dan yang tidak sesuai berjumlah 6 guru. Ini menunjukkan bahwa jumlah guru Seni Budaya SMP/MTs di Kota Gorontalo masih kurang, dan jumlah guru yang tidak sesuai latar belakang pendidikannya lebih banyak dibandingkan dengan guru yang sesuai latar belakang pendidikannya dengan pelajaran Seni Budaya.
Kata Kunci: Analisis, Kebutuhan, Guru
Download berkas