Penulis / NIM
MOHAMAD ABAS / 544415012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SULEMAN DANGKUA, M.Hum / 0009126209
Pembimbing 2 / NIDN
MURSIDAH WATY, S.Pd., M.Sn / 0013057406
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Abas. 2021. Pembelajaran Seni Kaligrafi Dengan Media Limbah Serbuk Kayu Pada Siswa Kelas X IPA 3 Di SMA Negeri I Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Drs. Suleman Dangkua M.Hum dan Pembimbing: (2) Mursidah Waty S.Pd, M.Sn.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran seni kaligrafi dengan media limbah serbuk kayu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik penentuan sampel purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 dengan jumlah siswa 22 orang. Adapun aspek penilaian hasil karya siswa menggunakan IKET yang terdiri dari 4 aspek yaitu Intelektual, Kreativitas, Estetika dan Teknik. Berdasarkan hasil penilaian terdapat kategori Sangat Mampu (SM) terdiri dari 4 orang siswa dengan rentang nilai 75-83 atau persentase sebesar 18,80%, kategori Mampu (M) terdiri dari 9 orang siswa dengan rentang nilai 66-74 atau persentase sebesar 40,10%, kategori Cukup Mampu (CM) terdiri dari 6 orang siswa dengan rentang nilai 57-65 atau persentase sebesar 27,70%, dan kategori Kurang Mampu (KM) terdiri dari 3 orang siswa dengan rentang nilai 48-56 atau persentase sebesar 13,40%. Sehingga hasil penelitian dari 22 orang siswa terdapat 13 orang siswa masuk kategori Mampu dengan persentase sebesar 58,09%, sedangkan 9 orang siswa masuk kategori Cukup Mampu dengan persentase sebesar 41,01%, ini menunjukan bahwa siswa memiliki kategori sangat mampu dan mampu lebih besar jumlahnya dari siswa yang kategori cukup mampu dan kurang mampu dalam mengerjakan tugas praktek seni kaligrafi dengan media limbah serbuk kayu.
Kata Kunci : Pembelajaran, Seni Kaligrafi, Limbah Serbuk Kayu.
Download berkas