Penulis / NIM
FIDYAH RAIYAN HIOLA / 544417013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN SENI RUPA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HARIANA, S.Pd, M.Ds / 0018057503
Pembimbing 2 / NIDN
ISNAWATI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0011097406
Abstrak
ABSTRAK
FIDYAH R. HIOLA. 2021. Eksistensi dan Reputasi UMKM Rumah Karawo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hariana, S.Pd., M.Ds dan Pembimbing II Isnawati Mohamad, S.Pd.,M,Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan karakteristik UMKM Rumah Karawo ditinjau dari segi karyawan, proses produksi, produk yang dihasilkan dan distribusi produk: 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi Rumah Karawo dalam membangun reputasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil yang diperoleh adalah: eksistensi UMKM Rumah Karawo dibangun melalui 5 karakteristik yaitu: 1) Tenaga kerja: terbagi atas karyawan (7 orang) dan pengrajin yang tersebar di beberapa wilayah di Provinsi Gorontalo. Keduanya adalah kekuatan Rumah Karawo dalam mempertahankan eksistensi; 2) Teknologi Produksi: menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat, sehingga dapat menjamin keberlangsungan produksi. Selain itu, memiliki teknik yang menjadi pendukung kualitas produknya, sekaligus menjadi ciri khas Rumah Karawo; 3) Produk yang dihasilkan: terbagi atas produk bahan, pakaian pria, pakaian wanita, pakaian anak, dan milineris. Keanekaragaman produk ini diyakini dapat memenuhi selera konsumen secara luas; 4) Distribusi Produk: dipasarkan dengan mediaonline (Facebook Instagram, Marketplace). Media offline dengan memaksimalkan galeri yang representatif dengan konsep 3b belanja, belajar dan berwisata. Serta memaksimalkan media massa; 5) Manajemen usaha: dibangun dengan konsep yang kuat, memiliki visi-misi dan tujuan yang jelas, sehingga mudah menentukan strategi pengembangan usaha. Strategi/cara Rumah Karawo dalam membangun reputasi adalah: 1) Reputasi kualitas produk: memiliki standar kualitas yang ditetapkan dan konsisten dipertahankan dan berhasil membuat Rumah Karawo memiliki konsumen loyal; 2) Reputasi Pemasaran: selain memaksimalkan penjualan online & offline, Rumah Karawo juga menjalin hubungan baik dengan berbagai media massa; 3) Reputasi Inovasi produk: Konsisten melakukan pengembangan produk, dan meluncurkan produk pada momen-momen tertentu, seperti momen hari kemerdekaan Republik Indonesia, dll.
Kata Kunci: Rumah Karawo, Karawo, Eksistensi, Reputasi
Download berkas