SKRIPSI

Penulis / NIM
SUR YAMIN NANI / 551410013
Program Studi
S1 - TEKNIK ARSITEKTUR
Pembimbing 1 / NIDN
LYDIA SURIJANI TATURA, ST., M.Si / 0007026709
Pembimbing 2 / NIDN
SATAR SAMAN, S.T., M.Sc / 0030116803
Abstrak
PUSAT KEGIATAN ATRAKTIF ANAK DI KOTA GORONTALO (Dengan Pendekatan Edukatif) 1)Sur Yamin Nani, 2)Lydia S. Tatura, ST., M.Si 3)Satar Saman, ST., M.Sc 1Mahasiswa Teknik Arsitektur, Universitas Negeri Gorontalo. 2,3Dosen Teknik Arsitektur Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. (ynani27@gmail.com) ABSTRAK Pusat Kegiatan Atraktif Anak di Kota Gorontalo merupakan Sebuah tempat bermain khusus anak, yang menyediakan fasilitas bermain aktif dan bermain pasif, dengan pendekatan metode edukatif dalam aktivitas bermainnya (bermain sambil belajar), arena bermain anak ini terletak di Kota Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk, merencanakan suatu arena bermain sambil belajar bagi anak-anak dimana desain dan ruang bermainnya bersifat "Edukatif" yang mampu mendukung tumbuh kembang anak baik dari segi motorik, kongnitif dan afektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompilasi data, dalam proses ini dilakukan pengumpulan data yang diperlukan dalam proses perancangan, pengambilan data dapat dilakukan dengan: survey atau observasi, referensi buku atau studi literatur, studi kasus objek pendekatan, dan media Internet yang berkaitan dengan objek penelitian. Langkah berikutnya yaitu proses analisa, hasil tinjauan dan analisa ini nantinya akan menjawap persoalan-persoalan pada rumusan permasalahan. Tahap analisa akan dikelompokan berdasarkan program fungsional, performansi, dan arsitektural. Proses analisa ini nantinya akan menghasilkan konsep perncanaan dan perancagan arsitektur yang dijadikan sebagai bekal dalam mendesain. Proses hasil dari desain ini selanjutnya diterjemahkan kedalam desain gambar-gambar pra-rancangan arsitektur dalam bentuk sketsa dua dimensi/tiga dimensi. Tahapan berikutnya akan menghasilkan desain hasil akhir dari rancagan bagunan Pusat Kegiatan Atraktif Anak yang mengususng tema Edukatif sebagai konsep dasar utama dalam mengekspersikan ruang bermain bagi anak. Kata Kunci: Pusat Kegiatan Atraktif anak, Pendekatan Edukatif, Kota Gorontalo ABSTRACT Children's attractive focal place in Gorontalo City is a children's playground, providing active and passive facilities with an educative approach to playing (learning by playing). This research aims to plan the children's playground with educative design and playroom that can support their development in terms of motoric, cognitive, and affective aspects. This research employed data compilation method in which the process was one by collecting the required data in the design process. The data were collected from survey or observation, library research, case study of the approach object and internet.the data were furtheranalysed to answer the problems of this research. The analysis process will be categorized into functional, performance, and architectural programs that will produce a concept of architectural plan and design. The result of this design are then rendered to the pre-design drawings of architecture in the form of two or three dimensional sketches. The next process will produce the last design of Children's Attractive Focal Place design with the educative theme as the basic concept in providing their playroom. Keywords: Children's Attractive Focal Place, Educative Approach, Gorontalo City
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011