SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMMAD FAUZI / 551412035
Program Studi
S1 - TEKNIK ARSITEKTUR
Pembimbing 1 / NIDN
Ir. MUHAMMAD RIJAL SYUKRI, S.T,. M.Si / 0013127704
Pembimbing 2 / NIDN
NURNANINGSIH NICO ABDUL, ST., MT / 0016077306
Abstrak
INTISARI Muhammad Fauzi 2020, Madrasah Ibtida'iyah Terpadu Al-Ishlah Gorontalo dengan pendekatan Desain Sekolah Islam Modern, Skripsi Program Studi S1, Jurusan Taknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ir. Muh. Rijal Syukri, S.T., M.Si. dan Pembimbing II Nurnaningsih Nico Abdul, S.T., M.T. Madrasah Ibtida'iyah Terpadu (MIT) Al-Ishlah Gorontalo, beralamat di Jalan Sultan Botutihe nomor 16 Kelurahan Liluwo Kota Tengah Kota Gorontalo. Di sekolah ini terdapat 703 siswa, 62 orang guru, 16 orang karyawan, 1 orang wakil kepala sekolah (Wakasek) dan 1 orang kepala sekolah dengan pembangunan gedung 2 lantai. Banyaknya permasalahan dan ditinjau dari segi kelayakan kondisi sekolah ini sudah tidak memberikan kenyamanan dan keamanan bagi siswa dan pengunjung dengan sirkulasi yang padat, utilitas bangunan yang kurang tertata ditambah lagi jumlah siswa yang sudah tidak muat dengan lahan yang terbatas. Sehingga akan rencanakan pengembangan percangan sekolah baru, sesuai dengan hasil Analisa dan studi kelayakan lahan serta aspek lainya maka perancang sekolah baru tempatkan di Jalan Toto Tengah, Desa Toto Utara, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango yang merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Gorontalo. Dalam penelitian tugas akhir ini dimana Madrasah Ibtida'iyah Terpadu Al-Ishlah ini akan dipadukan dengan tema Desain Sekolah Islam Modern dimana bentuk bangunan terdiri dari bentuk-bentuk simple, sederhana akan tetapi ilegan serta akan terdapat bentu-bentuk dasar kubus, memperlihatkan struktur,interior dan ekterior bangunan yang tersiri dari garis-garis vertical dan horizontal serta lebih banyak mengunakan elemen atau matrial kaca, alumunium composite Panel (ACP) dan penggunaan matrial terbaru. Proses tahapan desain dengan melakukan studi literature, untuk menghasilkan teori, studi banding, serta peraturan-peraturan yang berhubungan langsung dengan sekolah Islam Terpadu, yang kemudian melakukan obsevasi di lapangan untuk memperoleh data mengenai keadaan lokasi MIT Al-Ishlah yang sekarang. Pada tahap analisa yang digunakan yaitu analisa kegiatan, untuk menganalisa aktivitas pengguna, jenis ruang, sifat ruang, hubungan ruang, dan besaran ruang. Analisa tapak untuk menganalisa site, kebisingan, klimatologi, sirkulasi, utilitas, sanitasi dan pencapaian. Analisa bangunan untuk menganalisa bentuk, tampilan, ruang luar, struktur bangunan, dan utilitas bangunan. Sehingga akan menghasilkan desain Sekolah Islam Terpadu Al-Ishlah yang modern. Kata Kunci : Madrasah Ibtida'yah Terpadu Al-Ishlah (Desain Sekolah Islam Modern) ABSTRACT Fauzi, Muhammad. 2020. Integrated Islamic Elementary School of Al-Ishlah in Gorontalo with the Implementation of a Modern Islamic School Design. Undergraduate Thesis. Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Ir. Muh. Rijal Syukri, S.T., M.SI. Co-supervisor: Nurnaningsih Nico Abdul, S.T., M.T. Situated at Jalan Sultan Botutihe No. 16 Liluwo Village, Kota Tengah District, Gorontalo City, this 2-story building of Integrated Islamic Elementary School of Al-Islah has 703 students, 62 teachers, 16 employees, a vice-principal, and a principal. The number of problems seen from the feasibility of school conditions (such as poorly organized building utilities and the excessive number of students in the limited area) cannot provide comfort and safety learning situation for students and visitors with tight circulation. For this reason, a building concept was designed to develop a new school according to the analysis result, feasibility study, and other aspects. It is located at Jalan Toto Tengah, Toto Utara Village, Tilongkabila District, Bone Bolango Regency; this area is directly adjacent to Gorontalo City. In this final project, the design Al-Islah Integrated Islamic school was combined with the modern Islamic school design, i.e., a simple but elegant cubical-shaped building that showed the structure, interior, and exterior of the building (vertical and horizontal lines). It incorporated more elements and glass materials, aluminum composite panels (ACP), and the latest materials. The design process was by conducting a literature study, to generate theories, comparative studies, and regulations that relate directly to the school. Following this step was the observation step to obtain the current state of the school. Furthermore, the analysis process used several analyzes namely activity analysis which aimed to analyze user activity, type and nature of space, spatial relationships, and amount of space. Site analysis was to analyze site, noise, climatology, circulation, utility, sanitation and achievement. Building analysis was to analyze the shape, appearance, outside space, building structures, and utility buildings. As such, it will result in the design of a Modern Integrated Islamic School. Keywords: Integrated Islamic Elementary School of Al-Ishlah (Modern Islamic School Design)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011