Penulis / NIM
MUHAMMAD TAUFIK KAHARU / 551414034
Program Studi
S1 - TEKNIK ARSITEKTUR
Pembimbing 1 / NIDN
Ir. ERNAWATI, S.T., M.T. / 0019107405
Pembimbing 2 / NIDN
NURNANINGSIH NICO ABDUL, ST., MT / 0016077306
Abstrak
INTISARI
Muhammad Taufik Kaharu 2020, Perancangan Pondok Pesantren Modern di Kota Gorontalo, Skripsi Program Studi S1, Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ernawati, S.T., M.T dan Pembimbing II Nurnaningsih N. Abdul, S.T., M.T
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang memiliki perkembangan secara signifikan. Selain tempat belajar sambil mengaji juga sebagai tempat pendidikan moral dan akhlak pondok pesantren sangat mendapat perhatian dari masyarakat khususnya kota Gorontalo. Seiring dengan perkembangannya dalam segi pembelajaran, perkembangan dalam segi kebutuhan pembangunan fasilitas juga terus mengalami perkembangan. Permasalahan yang timbul adalah perencanaan dan penataan kawasan pondok pesantren menjadi kurang baik, kapasitas pondok yang terbatas dengan jumlah penghuni, zonasi area privat dan publik maupun sirkulasi antara santri dan santriwati.
Konsep perancangan Pondok Pesantren Modern dengan pendekatan arsitektur Islam ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, karena dalam proses perancangannya berdasarkan kebutuhan fasilitas yang dirancang untuk mewadahi seluruh aktivitas santri dengan memperhatikan konsep-konsep budaya dalam Islam sehingga tercipta integrasi sirkulasi antar bangunan sesuai fungsi dan pengguna bangunan.
Proses dan tahapan desain dimulai dari pengumpulan data melalui studi literatur, guna mendapatkan teori, data studi banding, serta peraturan-peraturan yang berhubungan dengan pondok pesantren yang kemudian dilakukan observasi lapangan untuk memperoleh data mengenai lokasi dan kondisi pondok pesantren yang ada di kota Gorontalo. Pada tahap analisa diawali dari analisa tapak guna menganalisa site, iklim, sirkulasi, dan kebisingan. Selanjutnya analisa kegiatan para santri untuk menganalisa aktivitas pengguna, jenis ruang, sifat ruang, hubungan ruang, dan besaran ruang. Analisa fungsi bangunan untuk menganalisa bentuk dan tampilan bangunan, ruang luar, ruang dalam, struktur bangunan, dan utilitas bangunan. Keselurahan tahapan perancangan menghasilkan sebuah acuan dalam rancangan pondok pesantren kedepannya.
Kata Kunci : Pondok Pesantren, Modern, Arsitektur Islam, Kota Gorontalo.
ABSTRACT
Kaharu, Muhammad Taufik. 2020, The Design of Modern Islamic Boarding Schools in Gorontalo City, Undergraduate Thesis, Departement of Architectural Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Ernawati, S.T., M.T. Co-supervisor: Nurnaningsih N. Abdul, S.T., M.T
Islamic boarding school is the oldest Islamic educational institution in Indonesia which has had significant development. Apart from being a place to study and to recite the Quran, it is also a place for moral education. Therefore, Islamic boarding schools receive great attention from the community, especially in the city of Gorontalo. Along with its learning development, another development in terms of needs for building facilities also continue to evolve. However, there are some problem arise, namely poor planning arrangement of the Islamic boarding school area, limited capacity of the cottage with the number of residents, zoning of private and public areas, as well as circulation between santri (male Muslim students) and santriwati (female Muslim student)
The designing concept of a modern Islamic boarding school with an Islamic architectural approach was expected to solve the existing problems. This is because the design process was based on needs for facilities and designed to accomodate all students` activities by paying attention to cultural concepts in Islam, so that there was integration of circulation between buildings according to the function and building users.
The process and design phases started with data collection trough literature studies. It was intended to obtain theories, comparative study data, and regulations related ti Islamic boarding schools. Furthermore, the field observations were carried out to collect data about the location and condition of Islamic boarding schools in Gorontalo city. The analysis phases began with site analysis in order to analyze the site, climate, circulation, and noise. Furthermore, the study examined the students activities to analyze the users activity, type of space, nature of space, spatial relationship, and the magnitude of space. The building function space, building structures, and building utilities. Al in all, the whole design phases produced a reference in further boarding school designs.
Keywords : Islamic Boarding Schools, Modern, Islamic Architecture, Gorontalo.
Download berkas