Penulis / NIM
MOH. ALYAFI DG. MATIRO / 561415024
Program Studi
S1 - TEKNIK INDUSTRI
Pembimbing 1 / NIDN
Ir. ABDUL RASYID, S.T., M.T / 0002058103
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRA ULOLI, S.T, M.T / 0015018402
Abstrak
Abstrak. PT. davinci airindo merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang memproduksi air mineral dalam kemasan yang dimana setiap periodenya mengalami permintaan produk yang berfluktuasi. Sehingga perlu dilakukan perencanaan agregat untuk menghadapi permintaan pasar yang tidak pasti dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada sehingga dapat mengoptimalkan biaya produksi seminimum mungkin. penilitian ini diusulkan kepada bagian manajemen produksi PT. Davinci airindo sebagai upaya menentukan cara terbaik dalam memenuhi permintaan dengan menyesuaikan tingkat produksi, kebutuhan tenaga kerja, persediaan, waktu lembur, sub kontrak dan semua variabel yang dapat dikendalikan perusahaan untuk memproduksi air mineral 220 ml agar dapat memperoleh laba yang maksimum. Metode yang digunakan untuk melakukan peramalan pada produk air mineral 220 ml adalah moving average, trend analisis, naive method. Sedangkan pada perencanaan aggregate planning strategi yang digunakan adalah chase strategi, level strategi dan mixed strategi.yang kemudian dipilih strategi terbaik untuk menghasilkan biaya yang minimum. Hasil penilitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode peramalan yang terbaik adalah trend analisis dengan total nilai MSE sebesar 371210959 dan strategi aggregate yang menghasilkan biaya minimum yaitu mixed strategi dengan total biaya sebesar Rp. 13.784.960.960
Kata Kunci : Peramalan, perencanaan aggregate
Download berkas