SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWAN R MANANU / 562413003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Pembimbing 1 / NIDN
EDUART WOLOK, ST., MT / 0023057605
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRA ULOLI, S.T, M.T / 0015018402
Abstrak
Rahmawan R. Mananu 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran NTC-22.05.1.B Heat Engineering And Thermodinamycs Terhadap Motivasi belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Pada Mata Kuliah Perpindahan Panas 1. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Eduart Wolok, ST., MT. Pembimbing II Hendra Uloli, ST., MT. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar pada mata kuliah Perpindahan Panas 1, mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNG. 2) Mengetahui berapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata kuliah Perpindahan Panas 1, mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNG. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada desain Pre-Eksperimen jenis One Group Design dengan pengolahan data menggunakan Regresi Linear Sederhana. Hasil Penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar mata kuliah perpindahan panas sangat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, dengan hasil perhitungan regresi sederhana yang menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi (r) dan koefisien determinasi yang masing-masing sebesar 0,98 dan 0,9604. Nilai positif koefisien determinasi (r2) sebesar 0,9604 berarti ada sekitar 96% penggunaan media pembelajaran mempengaruhi motivasi mahasiswa dan tidak adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik mesin, perhitungan regresi sederhana yang menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi (r) dan nilai koefisien determinasi (r2) masing-masing sebesar 0,31 dan 0,096 yang artinya bahwa motivasi mahasiswa tidak akan mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa karena dengan nilai yang hanya berkisar 9,6% masih ada 90,4% variabel atau pengaruh lain untuk peningkatan hasil belajar. Kata Kunci: Penggunaan Media, Motivasi, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011