Penulis / NIM
I KADEK SUTRIADI / 562413006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
Pembimbing 1 / NIDN
STELLA JUNUS, ST. MT / 0013018301
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD YASSER ARAFAT, S.Pd., M.Pd / 0027078401
Abstrak
I Kadek Sutriadi, 2020. Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Satu Ir Stella Junus, ST., MT Pembimbing Dua Muh. Yasser Arafat, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi siswa, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pelajaran gambar teknik mesin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah artikel atau jurnal. Prosedur penelitian ini meliputi Pemilihan topic, eksplorasi informasi, pengumpulan data, menentukan fokus penelitian, persiapan penyajian data dan penyusun laporan. Analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar Penggunaan CTL ini juga dapat memberikan suasana belajar baru pada peserta didik, sehingga menimbulkan motivasi yang lebih pada peserta didik dalam belajar, yang pada akhirnya dapat menambah penguasaan pada materi. (2) Respon tertinggi siswa adalah siswa merasa lebih mudah menerima materi dengan model pembelajaran CTL, hal ini disebabkan siswa tidak bekerja sendiri untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang diberikan. Jadi kesimpulannya adalah bukan hanya motivasi dan respon siswa saja menigkatakan strategi pembelajaran teaching and Learning CTL melaikan dengan hasil belajar, dan prestasi belajar juga bisa menigkatakan trategi CTL. Saran untuk studi kepustakaan selanjutnya Lebih dipersiapkan mengenai ketersediaan literatur sehingga dalam proses pengerjaan studi kepustakaan dapat membahas topik yang diangkat secara mendalam.
Kata kunci: Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL), library research
Download berkas