Penulis / NIM
ISMAIL BIN HOLA / 614408034
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Pembimbing 2 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) saluran pemasaran mentimun di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, 2) untuk mengetahui margin pemasaran dari masing-masing pemasaran mentimun di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2013, di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode survei, pengambilan data berdasarkan Kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sample. Data sekunder diperoleh dari Dinas pertanian Kabupaten Bone Bolango dan BPS Kabupaten Bone Bolango, sedangkan Data primer diperoleh dari petani mentimun.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Saluran pemasaran mentimun di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango adalah saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. 2) Nilai margin pemasaran adalah Rp. 500/kg.
Kata Kunci: Saluran, Pemasaran, Margin.
Ismail Bin Hola, selaku peneliti pada petani mentimun di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, 1 Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si. 2 Yanti Saleh, SP. M.Pd. selaku dosen tetap pada Jurusan Agribisnis di Universitas Negeri Gorontalo
Download berkas