Penulis / NIM
NURAFNI PAKAYA / 614408056
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Distribusi Pemasaran Stick Jagung pada Industri Rumah Tangga yang ada di Kota Gorontalo dan Untuk Mengetahui Keuntungan Industri Rumah Tangga Stick Jagungdi Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Metode Survei yang terdiri dari Data Primer yang di Peroleh Melalui Wawancara Dengan Pemilik Industri Rumah Tangga Stick Jagung dengan Menggunakan Kuisioner/Daftar Pertanyaan dan Data Sekunder yang di Peroleh Dari Sekunder BPS dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.Tehnik Pengambilan Sampel dilakukan dengan Menggunakan Metode Sampling atau Sensus dimana Semua dari Keseluruhan Pemilik Industri di Jadikan Sampel. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Deskriftif yaitu Melihat Proses Distribusi Pemasaran Stick Jagung yang ada di Kota Gorontalo dan Analisis Data yang digunakan yaitu Biaya Total, Penerimaan, Keuntungan dan Analisis R/C Ratio.
Hasil Analisis Data Menunjukan Bahwa Proses DistribusiPemasaran Stick Jagung yang ada di Kota Gorontalo Terdapat Dua Saluran Distribusi, yaitu Distribusi Pemasaran Secara Langsung dan Distribusi Pemasaran SecaraTidak Langsung dan Analisis R/C Ratio yang diperoleh Untuk Industri Rumah Tangga Stick Jagung diKota Gorontalo yaitu Dengan Rata-rata Senilai Rp 1.433.931 dengan Nilai R/C Ratio Sebesar Rp 1.43 Berdasarkan Kriterianya Nilai R/C Ratio Lebih dari Satu Berarti Dapat dikatakan Industri Rumah Tangga Stick Jagung di Kota Gorontalo Menguntungkan dan Layak Untuk dikembangkan.
Kata Kunci : Stick Jagung, Distribusi Pemasaran, Rumah Tangga
Download berkas