Penulis / NIM
RENGKI BOTUTIHE / 614408064
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
SUPRIYO IMRAN, SP, M.Si / 0030097508
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1).Untuk mengetahui bauran pemasaran tomat yang ada di Desa Butu. (2). Untuk mengetahui strategi bauran pemasaran tomat yang ada di Desa ButuPenelitian ini akan dilaksanakan di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Lokasi tersebut termasuk salah satu sentra produksi tomat yang ada di Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Waktu penelitian akan dilaksanakan selama 2 bulan yaitu bulan November sampai dengan bulan Desember Tahun 2013. Penelitian ini menggunakan teknik survey yaitu suatu teknik pengumpulan informasi yang dilakukan dengan cara menyusun daftar pertanyaan yang diajukan kepada responden.Hasil penelitian menunjukan Analisis faktor-faktor internal dan eksternal yang dituangkan kedalam matriks SWOT dengan hasil berupa rumusan strategi yang dapat diambil dalam kaitannya dengan pemasaran tomat di Desa Butu. Strategi (S-O): (1). Memanfaatkan potensi wilayah yang strategis untuk memenuhi banyaknya permintaan pasar. (2). Memanfaatkan dukungan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bone Bolango untuk mempertahankan produktivitas usahatani tomat. Strategi (W-O): (1). Memanfaatkan dukungan dari Dinas Kabupaten Bone Bolango dalam mengatasi keterbatasan permodalan yang dmiliki oleh petani. (2). Mendorong Dinas Pertanian Kabupaten Bone Bolango untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam usahatani tomat. (S-T): (1).Mempertahankan produksi tomat dari iklim yang kurang mendukung. (2). Memperbanyak pedagang di Desa Butu untuk meningkatkan harga tomat. (W-T): Memberikan pelatihan pengetahuan dan keterampilan petani dalam menghadapi iklim yang kurang mendukung dan dari harga tomat yang berfluktuasi.Kata kunci: Strategi, Bauran Pemasaran Tomat, di Desa Butu.
Download berkas