Penulis / NIM
RIFKI CANDRA YUNUS / 614408066
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Pembimbing 2 / NIDN
AMELIA MURTISARI, SP, M.Sc / 0028978601
Abstrak
ABSTRAK
Rifki Candra Yunus “614 408 066” Strategi Pemasaran Jagung di Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato dibawah Bimbingan Asda Rauf dan Amelia Murtisari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasarn jagung di Kecamatan Patilanggio, dan untuk merumuskan strategi pemasaran jagung untuk mendukung Visi Dan Misi Pembangunan Kabupaten dilaksanakan pada Bulan April, Mei dan Juni Tahun 2013. Metode penelitian ini adalah penelitian survey. pengumpulan data diambil melalui data primer merupakan hasil wawancara, kuisioner, observasi dan dokumentasi, data sekunder diperoleh oleh peneliti melalui Badan Pusat Statistik, laporan Dari dinas pertanian, laporan hasil-hasil penelitian perguruan tinggi, dan sebagainya. Tehnik penarikan sampel dilakukan dengan cara Purposive (sengaja) dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Patilanggio merupakan wilayah pengembagan komoditas jagung. Metode dianalisis menggunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dengan melakukan analisis SWOT terkait pemasaran jagung yang meliputi analisis faktor internal dan eksternal Kecamatan Patilanggio.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa pemasaran jagung di Kecamatan Patilanggio terdiri dari beberapa saluran pemasaran yakni petani, pedagang pengumpul tingkat kecamatan, pedagang besar tingkat provinsi, eksportir hingga konsumen akhir. Strategi pemasaran jagung yang dilakukan untuk mendukung Visi dan Misi Kabupaten Pohuwato adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia petani jagung agar mampu menghasilkan produk jagung dengan kuantitas, kualitas serta kontinyuitas yang terjamin, mengadakan resi gudang yang dapat digunakan sebagai penampungan sementara hasil produksi petani untuk menghindari fluktuasi harga jagung yang merupakan salah satu ancaman dalam pemasaran jagung, menyediakan sarana teknologi pengolahan hasil dan meningkatkan peran kelembagaan kelompoktani agar berfungsi tidak hanya sebagai unit produksi tetapi juga sebagai unit pemasaran jagung.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Jagung, Kecamatan Patilanggio.
Download berkas