Penulis / NIM
YUSRIYAH ATIKAH GOBEL / 614408105
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Pembimbing 2 / NIDN
RIA INDRIANI, SP, M.Si / 0026057506
Abstrak
ABSTRAK
Yusriyah Atikah Gobel (614408105) “Analisis Margin Pemasaran Jagung di Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo”. Dibawah bimbingan Mahludin Baruwadi dan Ria Indriani.
Tujuan penelitian untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, dan faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran jagung.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2012. Metode yang digunakan metode survei yaitu berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Penentuan lokasi ditentukan secara purposive berdasarkan pertimbangan bahwa daerah penelitian memiliki potensi pertanian jagung yang tinggi, sehingga dipilih kecamatan Telaga Biru, yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu 57 orang petani jagung. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus solvin. Analisis data yang digunakan yaitu analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat 4 saluran pemasaran di Kecamatan Telaga Biru terdapat 4 saluran pemasaran dimana dari ke 4 saluran pemasaran yang ada, dapat diketahui bahwa saluran pemasaran IV merupakan saluran pemasaran langsung, karena petani langsung memasarkan jagungnya kepada konsumen, sedangkan untuk saluran pemasaran I, II, dan III merupakan saluran pemasaran tidak langsung karena petani menggunakan lembaga pemasaran untuk memasarkan hasil produksinya. 2) hasil analisis margin pemasaran saluran II memiliki margin pemasaran paling besar yaitu Rp 5.850. Sedangkan untuk margin pemasaran yang paling kecil yaitu terdapat pada saluran IV dengan nilai marin pemasaran Rp 0, hal ini disebabkan petani menjual langsung kepada konsumen. 3) harga ditingkat produsen dan volume penjualan secara bersama-sama berpengaruh terhadap margin pemasaran jagung. Dari hasil uji t, volume penjualan yang paling berpengaruh terhadap margin pemasaran jagung.
Kata kunci: margin, pemasaran, jagung, saluran.
Download berkas