INDRIYATI H. BAKARI / 614409017
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi beras, keuntungan, dan margin pemasaran beras di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2013. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder sehingga data yang dikumpulkan benar – benar akurat. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, selama 3 bulan dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang yang terdiri dari petani 15 orang, pedagang besar 5 orang, dan pedagang pengecer 10 orang.Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga bentuk saluran pemasaran yaitu saluran I terdiri dari petani beras → konsumen, saluran II terdiri dari petani beras → pedagang besar → pedagang pengecer → konsumen, saluran III terdiri petani → pedagang besar → konsumen. Jumlah margin pada saluran II sebesar Rp. 1.000, saluran III sebesar Rp. 500,00, pada saluran I tidak terdapat margin karena saluran III adalah saluran langsung atau petani menjual langsung ke konsumen. sedangkan keuntungan yang diperoleh pada saluran II Rp. 847,92, saluran III sebesar Rp. 477,27. Sehingga saluran yang paling menguntungkan bagi produsen adalah saluran I.Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Lemabaga Pemasaran, beras.