Penulis / NIM
ANDRIYANTO MOONTI / 614409028
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Pembimbing 2 / NIDN
AMELIA MURTISARI, SP, M.Sc / 0028978601
Abstrak
ABSTRAK
Andriyanto Moonti (614409028), Strategi Pemasaran Kubis Di Pasar Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Dibawah bimbingan Yanti Saleh dan Amelia Murtisari.
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor eksternal dan internal dalam strategi pemasaran kubis di pasar sentra dan pasar sayur di Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, dan menganalisis strategi pemasaran kubis di pasar sentra dan pasar sayur di Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan April sampai Juni 2014. Metode yang digunakan adalah metode survey. Jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah dngan menggunakan sampling jenuh atau sensus yaitu keseluruhan dari pedagang kubis di Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo yaitu berjumlah 15 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT.
Hasil identifikasi terhadap faktor internal didapatkan yaitu dengan kekuatannya yang dapat dilihat dari manfaat kubis bagi kesehatan, dan kelemahannya dapat dilihat dari rantai pemasaran terlalu panjang, dan faktor eksternal yaitu peluangnya dapat dilihat dari permintaan kubis tinggi di Kecamatan Tabongo, dan ancamannya dapat dilihat dari kubis yang rentan terhadap penyakit. Strategi pemasaran kubis di Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo berada pada kuadran II, dimana mendukung strategi diversifikasi.
Kata kunci : Strategi, Pedagang Kubis, Dan Analisis SWOT
Download berkas