Penulis / NIM
MEGA ARTHA ILAHUDE / 614409029
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Pembimbing 2 / NIDN
RIA INDRIANI, SP, M.Si / 0026057506
Abstrak
ABSTRAK
Mega Artha Ilahude “614409029”, 2013. Analisis Sistem Pemasaran Kopra di Kabupaten Gorontalo (Suatu Studi di Kecamatan Limboto). Jurusan Agribisnis Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Universitas Negeri Gorontalo 2013 Di bawah bimbingan Mahludin Baruwadi dan Ria Indriani.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lembaga pemasaran, saluran pemasaran, margin dan distribusi margin pemasaran kopra yang ada di Kabupaten Gorontalo khususnya di Kecamatan Limboto. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer yang diperoleh 15 petani dan 3 pedagang sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor Kecamatan, Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Gorontalo, dan BPS Kabupaten Gorontalo. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling (sengaja). Tehnik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuisioner. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa lembaga pemasaran yang terkait dengan pemasaran kopra yaitu petani, pedagang pengumpul desa, dan pedagang pengumpul besar. Terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran tidak langsung, dengan margin pemasaran pada saluran pertama Rp. 400.000, saluran kedua Rp.200.000, dan saluran ketiga Rp. 100.000. dan distribusi margin pemasaran pada saluran I biaya 68,75% lebih besar dari keuntungan 31,25%. Saluran II diperoleh biaya 50% sama besar dengan keuntungan 50%. Dan untuk saluran III juga diperoleh biaya 50% sama besar dengan keuntungan 50% dari margin pemasaran.
Kata Kunci : Pemasaran, Saluran Pemasaran, Margin, Kopra
Download berkas