Penulis / NIM
SAPRIL A. SOLEMAN / 614409038
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Pembimbing 2 / NIDN
AMELIA MURTISARI, SP, M.Sc / 0028978601
Abstrak
ABSTRAK
Sapril A. Soleman, 614 409 038. Analisis Nilai Tambah Pemasaran Ternak Ayam Pedaging Di Desa Payunga Kecamatan Batuda'a Kabupaten Gorontalo. Dibawah bimbingan Mahludin Baruwadi dan Amelia Murtisari.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran ayam pedaging di Desa Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dan Menganalisis nilai tambah di lembaga pemasaran ayam pedaging di Desa Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Penelitian dilaksanakan di Desa Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu metode survey dimana pengumpulan data berdasarkan wawancara dan observasi. Data sekunder diperoleh dari BPS Kabupaten Gorontalo. Data dianalisis menggunakan analasis nilai tambah metode hayami.
Hasil penelitian menujukan bahwa saluran pemasaran ternak ayam pedaging di Desa Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo merupakan saluran pemasaran tidak langsung kerena masih melalui lembaga pemasaran dan nilai tambah diperoleh lembaga pemasaran ternak ayam pedaging di Desa Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo yaitu pedagang pengumpul kecil Rp.7.338/ekor ternak ayam pedaging mendapatkan nilai tambah lebih besar dibandingkan dengan pedagang pengumpul besar Rp.5.625/ekor ternak ayam pedaging dan pada pedagang pengecer nilai tambah yang didapatkan oleh pedagang pengecer kecil Rp.7.530/ekor ayam pedaging lebih besar dibandingkan dengan pedagang pengecer besar Rp.4.622/ekor ayam pedaging. Besarnya kecilnya nilai tambah yang didapat dipengaruhi oleh faktor teknis dan faktor pasar.
Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Ternak Ayam Pedaging, Nilai Tambah Pemasaran
Download berkas